Daytrans | Syarat & Ketentuan Daytrans

SYARAT DAN KETENTUAN

  1. Tiket ini hanya berlaku untuk 1 (satu) orang dan 1 (satu) kali keberangkatan sesuai dengan rute dan waktu keberangkatan yang tertera pada tiket.
  2. Anak-anak berumur diatas 2 tahun dikenakan 1 tiket.
  3. Pembatalan
    1. Tiket yang sudah di beli tidak dapat dibatalkan dan biaya reservasi tidak dapat dikembalikan (non refundable)
    2. Jika tamu tidak datang saat waktu keberangkatan, tiket dianggap batal dan tiket dianggap hangus
  4. Tiket tidak dapat dialihkan atau dipindah tangankan ke orang lain.
  5. Waktu keberangkatan, tipe kendaraan dan rute dapat berubah sewaktu waktu karena alasan operasional.
  6. Diharapkan sudah tiba dicounter 15 menit sebelum jam keberangkatan tanpa dikonfirmasi ulang via telepon, chat Whatsapp ataupun sms.
  7. Penumpang hanya dapat membawa 1 Hand Carry 10kg ( Non koper ), barang bawaan yang melebihi berat dan ukuran yang sudah ditentukan akan dikenakan tambahan biaya bagasi.
  8. Apabila Customer salah melakukan transfer ke rekening PT Daytrans, dana yang dikembalikan/refund akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp.10.000,-.
  9. Dilarang membawa binatang.
  10. Dilarang membawa narkotika psikotropika dan zat adiktif lainnya, senjata api dan senjata tajam, semua barang yang mudah menyala/meledak, berbau busuk, barang yang tidak pantas diangkut sebagai bagasi tangan,barang-barang yang dilarang undang-undang.
  11. PT Daytrans tidak bertanggung jawab atas barang yang tertinggal/rusak/hilang dicounter ataupun di dalam kendaraan.
  12. Chat Center via Whatsapp : 0855 855 6767.
  1. Periode Mudik
    1. Tiket keberangkatan Tanggal 1 April 2024 - 20 April 2024 tidak berlaku reschedule.
    2. Berlaku untuk semua rute keberangkatan.
  2. Syarat dan Ketentuan Umum
    1. Tarif & Waktu Keberangkatan
      1. Tarif sudah termasuk asuransi jasa raharja
      2. Tarif yang berlaku adalah tarif umum sesuai dengan jurusan yang ada
      3. Anak-anak berusia di atas 2 (dua) tahun akan dikenakan biaya penuh
      4. Setiap penumpang wajib memiliki tiket yaitu dokumen angkutan yang sah berupa tiket komputer, tiket tercetak atau bentuk lainnya yang ditetapkan Perusahaan sebagai tiket;
    2. Barang Bawaan & Bagasi
      1. Barang yang tidak diperbolehkan diangkut sebagai bagasi tangan adalah binatang, narkotika psikotoprika dan zat adiktif lainnya, senjata api dan senjata tajam, semua barang yang mudah menyala/meledak, barang-barang yang karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan, berbau busuk, barang-barang yang menurut pertimbangan pegawai karena keadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi tangan, barang-barang yang dilarang undang-undang;
      2. Penumpang tidak dibolehkan membawa barang yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain
      3. Penumpang tidak diperkenankan membawa barang bawaan yang terlalu besar, hanya yang muat dalam kabin / bagasi kendaraan. Jika terdapat kelebihan bagasi akan dibawa oleh keberangkatan selanjutnya yang memungkinkan
      4. Jika terjadi kelebihan bagasi dan harus diberangkatkan pada keberangkatan selanjutnya, maka penumpang wajib menunggu di pool kedatangan, DAYTRANS tidak bertanggung jawab atas kehilangan yang terjadi
    3. Lain-lain
      1. DAYTRANS berhak untuk menolak memberikan jasa kepada penumpang yang dianggap membahayakan, mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang lain
      2. Semua Perjalanan DAYTRANS adalah perjalanan Bebas Rokok, tidak diperkenankan merokok didalam kendaraan selama perjalanan.
  3. Syarat dan Ketentuan Khusus
    1. Pembatalan dan Perubahan Reservasi
      1. Hanya berlaku untuk pembelian tiket dengan harga normal ( tanpa diskon / promo / daytrans addict )
      2. Jadwal hanya berlaku di rute yang sama dengan tiket awal
      3. Tiket bisa direschedule ( harga Normal ) maksimal 14 hari dari tanggal keberangkatan sebelumnya ,dengan menginfokan reschedule maksimal h-1 dari tanggal keberangkatan yang tertera di tiket kepada call center melalui chat whatsapp.
      4. Perubahan jadwal hanya berlaku 1(satu) kali untuk tiket pembelian via aplikasi Daytrans, Website Daytrans dan pembelian tiket di Counter Daytrans.

        *Mohon melampirkan E-tiket dan bukti pembayaran. Konfirmasi via chat center 0855 855 6767
    2. Jangka Waktu Reservasi
      1. Reservasi yang dilakukan melalui website DAYTRANS melayani reservasi kursi untuk jangka waktu maksimum adalah satu bulan ke depan dan batas waktu tercepat reservasi dua hari sebelum waktu keberangkatan
      2. Setelah penumpang melakukan reservasi, maka akan mendapatkan konfirmasi kode pembayaran, penumpang dapat segera melakukan pembayaran berdasarkan kode pembayaran tersebut dan petunjuk pembayaran yang ada
    3. Waktu Pembayaran
      1. Pembayaran harus dilakukan dalam jangka waktu paling lambat 2 (dua) jam dari waktu pemesanan online. Jika dalam waktu yang telah ditentukan belum dilakukan pembayaran maka secara otomatis pemesanan dianggap batal dan DAYTRANS berhak menerima pemesanan dari penumpang lain
      2. Penumpang dihimbau untuk selalu menyimpan bukti transaksinya guna verifikasi pada saat keberangkatan
    4. Syarat dan Ketentuan Transaksi
      1. Mohon menunjukkan bukti transaksi online yang berhasil pada saat keberangkatan
      2. Bagi penumpang yang tidak dapat menunjukkan bukti transaksi & tidak dapat diverifikasi dari sistem online DAYTRANS pada saat keberangkatan DAYTRANS berhak akan menolak dan atau membatalkan secara sepihak
      3. Transaksi online yang dinyatakan berhasil akan dikirim email secara otomatis/auto mailer untuk penjelasan lebih lanjut atas reservasi atau kode booking dalam waktu maksimal 1x24 jam
      4. Mohon tunjukkan print e-tiket yang dikirim melalui email atau sms konfirmasi transaksi online yang berhasil pada saat keberangkatan

S&K Day Trans Express
  • Paket hilang/rusak yang disebabkan oleh PT Daytrans akan diganti sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Komplain diterima paling lambat 1 × 24 jam setelah barang diterima kepada Call Center by wa chat di 08558556767
  • Untuk pengiriman Layanan Reguler di luar layanan sameday dan nextday estimasi Delivery pulau jawa 3-5, diluar pulau jawa 3-6 hari kerja tergantung kota tujuanya bisa lebih cepat (note: tidak menerima kategori paket cairan , binatang hidup,tanaman hidup,barang antik, Dangerous Goods (DG) dan makanan basah atau gampang basi dan Estimasi pengiriman tidak terhitung hari Minggu dan hari libur nasional)
  • Utamakan ukuran dan berat paket yang bisa di bawah oleh kendaran roda dua atau motor dengan paket yang sudah terpacking.
  • Paket yang di request tidak sesuai berat dan ukuran yang tidak terlalu melebih dimensi dan berat paket yang sudah di tetapkan akan dikenakan biaya tambahan.
  • Untuk barang yang sudah dalam perjalanan pengiriman, tidak dapat diganti alamat tujuannya, jadi pastikan alamat sudah benar. Dan pastikan jumlah Koli atau barang sesuai pesanan di aplikasi Daytrans
  • Barang terlarang yang melanggar hukum seperti narkoba, ganja, bom sabu-sabu tidak dapat kami kirimkan Dan juga barang yang mudah terbakar, bau menyengat dan dapat meledak juga tidak dapat kami layani
  • Customer wajib memberikan dengan jelas informasi alamat lengkap, nomor WA aktif serta detail barang
  • Apabila paket melebihi dimensi dan berat yang telah ditetapkan dan tidak bisa di bawah motor oleh kurir atau jam request pick up tidak sesuai, kurir akan melaporkan ke bagian terkait dan orderan kemungkinan bisa di cancel/hangus
  • Apabila kurir sudah sampai alamat , rumah kosong dan customer tidak bisa di hubungi dalam waktu 15 Menit paket akan di kembalikan Pool Daytrans terdekat
  • Kategori semua barang packing dengan baik dan ketegori makanan khusus wajib di packing dengan baik dan benar untuk menghindari makanan rusak
  • Asuransikan kiriman paket dan dokumen berharga anda jika nilainya di atas 10X biaya kirim
  • Kurir pick up akan mengecek barang yang di ambil di customer sebelum di lanjutkan ke counter tujuan, jadi pastikan barang baik dan benar
  • Jika ada kesalahan dalam penginputan yang di lakukan pihak customer, tidak ada pengembalian dana (refund)

SYARAT & KETENTUAN REFUND (PENGEMBALIAN DANA)

Kebijakan Pengembalian Dana (Refund Policy) Pengiriman Paket dengan Asuransi:

1. Paket Dikirim dengan Asuransi:

  • Untuk paket yang dikirim dengan opsi asuransi, pengembalian dana sesuai dengan nilai barang yang tercantumkan diasuransi (Invoice pembelian barang terlampir)
  • Pelanggan dapat meminta pengembalian dana atau penggantian barang setelah proses klaim asuransi yang telah disetujui oleh pihak asuransi.

2. Prosedur Klaim Asuransi:

  • Pelanggan diharuskan untuk mengajukan klaim asuransi kepada kami, setelah barang diterima maksimal dalam waktu 1 x 24 jam.
  • Untuk memproses klaim asuransi, pelanggan harus menyediakan semua bukti lengkap yang diminta baik berupa foto, video unboxing (sebelum & sesudah), invoice pembelian barang maupun dokumen yang dapat menunjukkan pelanggan telah kehilangan/kerusakan paket.
  • Mencantumkan Informasi tertanggung : Nama, Nomor telepon, No KTP tertanggung, Alamat email.
  • Kerusakan paket disebabkan pengiriman yang dapat diclaim, adalah kerusakan yang menyebabkan produk atau barang yang dikirim rusak 90% (Produk/Barang tidak dapat digunakan)
  • Kehilangan paket disebabkan pengiriman yang dapat di klaim harus melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.
  • Setelah klaim asuransi disetujui, pengembalian dana sesuai nilai yang telah disetujui oleh asuransi.

Kebijakan Pengembalian Dana (Refund Policy) Pengiriman Paket tanpa Asuransi:

1. Paket Dikirim tanpa Asuransi:

  • Untuk paket yang dikirim tanpa opsi asuransi, kami bertanggung jawab atas pengembalian dana atau penggantian barang hanya dalam kasus kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan kami. Dengan maksimal nilai penggantian 10x biaya pengiriman.
  • Untuk memproses klaim, pelanggan harus menyediakan semua bukti lengkap yang diminta baik berupa foto, video unboxing (sebelum & sesudah), invoice pembelian barang maupun dokumen yang dapat menunjukkan pelanggan telah kehilangan/ kerusakan paket.

2. Ketentuan Klaim :

  • Pelanggan diharuskan untuk mengajukan klaim kepada kami, setelah barang diterima maksimal dalam waktu 1 x 24 jam.
  • Kerusakan paket disebabkan pengiriman yang dapat diclaim, adalah kerusakan yang menyebabkan produk atau barang yang dikirim rusak 90% (Produk/Barang tidak dapat digunakan).
  • Pengembalian dana tidak termasuk untuk paket yang hilang atau rusak akibat faktorfaktor alam atau hal-hal di luar kendali kami, seperti keadaan cuaca ekstrem, huru-hara atau kesalahan mencantumkan dalam alamat pengiriman yang diberikan oleh pelanggan.

Prosedur Pengembalian Dana:

  • Pelanggan dapat meminta proses pengembalian dana dengan menghubungi layanan pelanggan kami dan menyediakan bukti lengkap yang diminta yang menunjukkan kerusakan paket.
  • Setelah klaim dikonfirmasi, pengembalian dana akan diproses dalam waktu maksimal 14 hari kerja melalui transfer.  

Catatan Penting:

  • Keputusan akhir terkait dengan klaim pengembalian dana atau klaim asuransi akan berdidasarkan pada bukti dan berkas yang diterima dan akan dilakukan penilaianan secara adil dan obyektif. Keputusan akhir tidak dapat diganggu gugat.
  • Pastikan Pelanggan untuk mengetahui informasi yang jelas tentang kebijakan pengembalian dana, baik dengan atau tanpa asuransi, sebelum melakukan pengiriman.  

SYARAT & KETENTUAN ASURANSI

1. Objek Pertanggungan : Segala jenis barang termasuk ternak, barang bekas, produk konsumen, kosmetik, sepeda, elektronik, apotek, makanan dan barang beku, dokumen berharga, karya seni, barang antik, suku cadang mobil, ikan hias, kargo proyek, dan lain-lain, kecuali ditentukan di bawah bagian “Daftar Kargo yang Dikecualikan”.

2. Daftar Kargo yang Dikecualikan : 

  • Stok darah
  • Amunisi, petasan, korek api, bensin dalam jumlah besar atau bahan peledak lainnya dan/atau bahan mudah terbakar dalam jumlah besar
  • Uang kertas, wesel, cek perjalanan, dan sejenisnya
  • Senjata, peralatan militer, dan suku cadangnya
  • Sisa-sisa tubuh manusia (mayat)
  • Barang-barang yang menyinggung/bertentangan dengan norma kesusilaan
  • Opium morfin, kokain, dan obat-obatan terlarang lainnya
  • Zat beracun, menular, atau beracun (mis: sianida, arsenik)
  • Kerugian dan/atau biaya yang timbul antara lain tuntutan hukum yang disebabkan oleh kelalaian dan kesalahan pengirim kargo yang timbul akibat tidak ditaatinya ketentuan, termasuk dasar pengemasan produk (standard packaging)
  • Barang berbahaya (Bahan peledak, Gas, Cairan mudah terbakar, Padatan mudah terbakar, Zat pengoksidasi, Zat beracun dan menular, Bahan radioaktif, Korosif, barang berbahaya lainnya)
  • Bahan biologis yang mudah busuk dan mudah menularkan penyakit
  • Platinum, emas, perak, emas batangan & logam/batu berharga lainnya & perhiasan
  • Uang, Uang elektronik, dan sejenisnya
  • Minuman beralkohol
  • Bijih timah, Bijih nikel, dan sejenisnya
  • Potongan baja
  • Log / Kayu lapis / Kayu
  • Produk batubara dan pertambangan
  • Barang lain yang menurut peraturan perundang-undangan dinyatakan dilarang, termasuk namun tidak terbatas pada kepemilikan barang atau peredaran barang tersebut melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia dan bahan yang tergolong bahan berbahaya menurut peraturan menteri perdagangan yang berlaku

Sesuai nilai aktual kargo yang dikirimkan, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Untuk Barang Seni, Antik dan Budaya: Maks. Rp 20.000.000 per pengiriman.

2. Untuk Sertifikat dan Dokumen: Pertanggungan akan didasarkan pada biaya penerbitan kembali Sertifikat atau Dokumen tersebut, yang didukung oleh tagihan untuk itu, maksimum sampai dengan Uang Pertanggungan sebagaimana dinyatakan di bawah ini (berlaku mana yang lebih rendah):

Jenis Sertifikat atau Dokumen  |  Uang Pertanggungan

  • STNK Mobil Rp 2.500.000
  • STNK Motor Rp 1.500.000
  • BPKB Mobil Rp 5.000.000
  • BPKB Motor Rp 2.500.000
  • Sertifikat Mutasi Kendaraan Rp 750.000
  • Kartu Pemeriksaan Kendaraan Berkala (KIER Kendaraan) Rp 500.000
  • Sertifikat Diploma/Universitas (Ijazah) Rp 500.000
  • Paspor Rp 500.000
  • Sertifikat Tanah/Rumah Rp 2.000.000
  • Akta Kelahiran Rp 250.000
  • Dokumen Perbankan (Letter of Credit / Bank Guarantee) Rp 1.000.000
  • Dokumen Asuransi Rp 250.000
  • Kartu Identitas (KTP) Rp 250.000
  • Surat Izin Mengemudi (SIM-A/B/B1/B2/C) Rp 500.000
  • Rapor Sekolah (SD/ SMP/ SMA/SMK) Rp 500.000
  • Kartu Keluarga Rp 250.000
  • Akta Perjanjian Jual Beli Rp 1.000.000
  • Surat Keputusan / SKEP Rp 500.000
  • Dokumen Tender Rp 2.000.000
  • Piagam Rp 250.000
  • Sertifikat (kursus) Rp 500.000
  • Dokumen Kewarganegaraan/SKBRI Rp 500.000
  • Dokumen Perusahaan Rp 2.500.000
  • Sertifikat atau Dokumen lainnya Rp 500.000

3. Untuk Makanan dan Minuman: Maks. Rp 1.000.000 per pengiriman.

4. Untuk Obat Generik: Maks. Rp 2.500.000 per pengiriman. 

5. Untuk jenis barang selain yang disebutkan pada no.1 – 4 di atas dan termasuk dalam Objek Pertanggungan: Maks. Rp 100.000.000 per pengiriman.

Kerusakan dalam pengiriman kerap kali terjadi, seperti barang pecah atau tidak berfungsi dengan baik. Hal ini terjadi karena barang yang mudah rusak tidak diberi label fragile, sehingga barang tersebut ditumpuk dengan barang lainnya dalam proses pengiriman.

Untuk mengajukan klaim, kamu bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Dokumentasikan pembukaan paket, berupa foto atau video
  • Laporkan kerusakan ini kepada penyedia asuransi